Hadits Sahih Nomor 857 Tentang Khasiat Habbatussauda (Jintan Hitam atau Black Seed) - ISLAM ID

ISLAM ID

Portal Berita Islam Anti Hoax

Hot

Post Top Ad

Selasa, 29 Agustus 2017

Hadits Sahih Nomor 857 Tentang Khasiat Habbatussauda (Jintan Hitam atau Black Seed)

hadits-sahih-nomor857-tentang-khsiat-habbatussauda-jintan-hitam-blackseed
Hadits Habbatussauda

Telah bercerita kepada kami Ibnu Abu Umar dan Said bin Abdurrahman Al Makhzumi, mereka berdua berkata:
Telah bercerita Sufyan kepada kami, dari Zuhri, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, bahwasanya Nabi (Muhammad) Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: 
"Makanlah Habbatussauda ini, sungguh padanya terdapat obat dari berbagai macam penyakit, kecuali maut (kematian)." 
Hadits riwayat Imam Ahmad, Muslim, Ibnu Majah dan Al Bukhari. Hadits ini termuat di dalam himpunan hadits sahih nomor 857.

Apa itu Habbatussauda?

Habbatussauda adalah jenis tanaman biji-bijian (disebut juga jintan hitam), tanaman ini paling ideal tumbuh di daerah panas dan kering karena iklim sedemikian akan mempengaruhi kandungan bijinya. 

Biji-bijinya mempunyai ukuran yang kecil dan pendek (berkisar antara 1-2 mm), memiliki rasa yang kuat dan pedas layaknya biji merica. 

Sebelum biji-biji habbatussauda menjadi biji yang matang, bunga-bunga dari pohon ini merekah berwarna putih, ada pula yang berwarna ungu kebiru-biruan.

bunga habbatussauda
Gambar Jintan Hitam / Habbatussauda
Habbatussauda dibudidayakan di seluruh dunia, terutama di Arab Saudi, Pakistan, India, Mesir. Irak, Iran, dan Eropa Tenggara. Di Eropa, biji-bijian ini disebut Black Seed (biji hitam), sedangkan bahasa latinnya adalah Nigella Sativa.

Habbatussauda telah ada sejak Zaman Firaun

Habbatus sauda, biji kecil ini bahkan telah ada dalam kehidupan masyarakat Mesir kuno, penemuan jinten hitam di sekitar makam Tuthankamen, raja Mesir kala itu menjadi buktinya. 
Tuthkamen merupakan Firaun dari Dinasti kedelapanbelas Mesir yang memerintah pada tahun 1333 SM - 1324 SM.

Harga Habbatussauda

Di pasaran, produk habbatussauda cukup banyak dan mudah diperoleh baik melalui penjualan online maupun offline, umumnya produk jinten ini yang dijual offline banyak ditemukan di apotik dan toko habbatussauda lainnya.

Meski diketahui beragamnya manfaat jintan hitam ini harganya tetap terjangkau, dipasaran harga habbatussauda berkisar 50rb sampai 100rb perbotol, tergantung dari bahan campurannya dan bagaimana cara mengolahnya, mulai dari habbatusauda oil, habbatussauda serbuk, madu habbatussauda, pil habbatus sauda, bahkan sampai produk jamu habbatussauda.

Penelitian tentang manfaat Habbatussauda yang dibuktikan para ahli
  1. Memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh manusia. Dr. Ahmad Al Qadhi memuat hasil penelitiannya yang diterbitkan oleh Jurnal Farmasi Pakistan tahun 1992, kemudian diperkuat oleh Dr. Ali dan rekannya dari College of Medicine, King Faisal University dalam study yang dipublikasikan oleh Pharmaceutical Journal tahun 1993.
  2. Meningkatkan Air Susu Ibu (ASI) pada ibu menyusui. Sebuah penelitian yang diseleggarakan oleh Agarwhal tahun 1979, membuktikan bahwa minyak habbatussauda mampu meningkatkan kadar ASI bagi ibu menyusui. 
  3. Sponsor Simple Audiens. Cara Mudah Mendapatkan Audiens Tepat untuk Meledakkan Penjualan dalam Waktu sesingkat - singkatnya!
  4. Anti Tumor dan Kanker. Pada tahun 1991, Amala Reseach Centre di Amala Nagar, negara bagian Kerala (India) melakukan riset untuk mencari tahu potensi habbatussauda sebagai obat anti tumor dan kanker. Hasilnya ditemukan bahwa minyak yang terkandung di dalam biji habbatussauda memiliki sifat antibiotik alami, merupakan zat yang ideal untuk pengobatan kanker, bahkan sanggup mencegahnya.
  5. Habbatus sauda Menyembuhkan luka radang. Professor El Dakhakny melaporkan temuannya bahwa minyak habbatussauda mepunyai zat yang mampu melawan penyakit radang, ditegaskan olehnya bahwa minyak habbatussauda sangat ampuh menyembuhkan radang sendi.
  6. Obat asma bronchitis dan alergi. Dua orang ilmuan yakni Badr Ad Din dan Mahfouz mendapati bahwa dimmer dithymoquinone yang diekstrak dari minyak volatile habbatussauda, kemudian digunakan secara oral (melalui mulut) beberapa pasien yang menderita penyakit asma bronchitis, didapatkan hasil penurunan gejala yang signifikan pada sebagian besar dari mereka. 
Itulah sedikit manfaat jinten hitam yang telah dapat dibuktikan secara ilmiah oleh para ahli, sedangkan manfaat yang sebenarnya jauh lebih banyak seperti yang diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabda beliau. Maha Mengetahui Allah SWT yang telah mengutus nabinya jauh sebelum ilmu pengetahuan modern mengadakan penelitian ilmiah untuk membuktikan khasiat jinten hitam ini.

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Post Top Ad