Kutuk Pembantaian Muslim Rohingya, DPR RI Desak Pengusiran Dubes Myanmar - ISLAM ID

ISLAM ID

Portal Berita Islam Anti Hoax

Hot

Post Top Ad

Kamis, 31 Agustus 2017

Kutuk Pembantaian Muslim Rohingya, DPR RI Desak Pengusiran Dubes Myanmar

Memanasnya situasi pembantaian muslim Rohingya di wilayah Arakan Myanmar, membuat DPR RI akhirnya mengeluarkan statement tegas mengutuk tindakan kekerasan yang dilakukan oleh rezim militer myanmar terhadap warga Rohingya (Rohingya=sebutan bagi pemeluk agama Islam di Myanmar). 

Fraksi dari Partai Amanat Nasional (PAN) lah yang paling keras suaranya, mendesak pemerintah memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar lewat pengusiran duta besar.

Diperkirakan sekitar 3000 orang telah tewas dalam kekerasan sejak hari jumat (25/8/2017) lalu, sedangkan puluhan ribu Muslim Rohingya kehilangan tempat tinggal karena pembakaran rumah-rumah dan mesjid-mesjid. Perempuan-perempuan diperkosa, anak-anak dibantai. Tidak ada pilihan lain bagi mereka kecuali melarikan diri menjadi pengungsi.
Foto: Mohammad Ponir Hossain - Reuters


Pada rapat paripurna yang diselenggarakan hari ini (31/8/2017), sejumlah anggota DPR begantian melakukan interupsi mengutuk Myanmar. Yandri Susanto, yang merupakan sekertaris Fraksi PAN mendesak pemerintah RI melakukan tindakan yang lebih nyata mengatasi konflik berdarah ini.
Dia mendesak pemerintah mengusir Duta Besar Myanmar dari Indonesia.
   
“Kami minta pemerintah bertindak lebih nyata. Malah PAN mengusulkan supaya Myanmar tak main-main, Duta Besarnya diusir dulu biar mereka paham kemanusian itu penting," Ucap Yandri Susanto saat mengikuti Rapat Paripurna di Gedung DPR RI di Senayan.

Interupsi kedua oleh Jazuli Juwani, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memanggil Duta Besar Myanmar untuk memberikan penjelasan. Menurutnya, DPR selaku wakil rakyat punya alasan apakah perwakilan suatu negara haus ada di Indonesia.

Artikel menarik lainnya:

Berikut kutipan pernyataannya "Atas nama Pimpinan Fraksi PKS mengajak fraksi dan Pimpinan DPR untuk mengutuk keras tindakan brutal. Waktu Dubes Myanmar ditugaskan ke RI, DPR dimintai pertimbangan. Menurut saya DPR punya hak untuk memanggil Dubes Negara Myanmar untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi." kata Jazuli

Artikel menarik lainnya:
Pernyataan sedana juga disampaikan oleh Sodik Mudjahid selaku wakil ketua komisi VIII yang berasal dari Fraksi Partai Gerindra “Bulan ini akan kita intensifkan kepada Asean dan seluruh negara untuk punya komitmen kuat kepada Myanmar, itu dimulai undang dan mengusir dubes Burma dari tempat kita. Minggu-minggu ini kita jalan terus untuk smua parlemen dimulai dari parlemen Asean," 

Komitmen dari wakil ketua DPR RI

Harapan kita bersama agar nasib Muslim Rohingya bisa lebih baik tampaknya mendapat agin segar, wakil ketua DPR RI Taufik Kurniawan yang memimpin rapat paripurna hari ini berjanji akan menanggapi serius masalah ini.  "Persoalan ini akan ditanggapi dan ditindaklanjuti secara serius oleh pimpinan," tegas  Taufik Kurniawan berapi-api.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad