Fight Of Gods, Satu Lagi Game Penista Agama - ISLAM ID

ISLAM ID

Portal Berita Islam Anti Hoax

Hot

Post Top Ad

Minggu, 17 September 2017

Fight Of Gods, Satu Lagi Game Penista Agama

Sebuah game bergenre fighting (pertarungan) beberapa waktu lalu telah dirilis melalui platform Steam, Siapa sangka Fight of Gods menuai kecaman tajam dari berbagai pihak.


Figth of Gods (Souce: store.steampowered.com)

Pasalnya game yang dikembangkan oleh PQube Games ini sesui dengan namanya –pertarungan dewa-dewa- menyuguhkan pertarungan antara tokoh-tokoh suci, dewa-dewa, nabi-nabi, bahkan Tuhan dalam agama tertentu yang berpotensi memancing isu SARA. 

Di dalam permainan Fight of Gods yang dapat dimainkan lewat PC (personal computer) ini. Karakter Dewa-dewa, Nabi bahkan Tuhan saling berduel memperebutkan kuasa untuk mencerahkan umat manusia.


Karakter tokoh-tokoh suci  dalam game Fight of Gods antara lain Guan Yu (Tokoh suci agama Konghuchu), Moses (Nabi Musa), Budha, dan Yesus, serta tokoh mitologi Yunani seperti Zeus dan Odin. 


Karakter Yesus digambarkan cukup mencolok dengan mahkota berduri di kepalanya

Baru beberapa saat setelah game ini resmi diluncurkan oleh Valve sebagai pemilik Steam Store, beberapa pihak telah bereaksi keras menentangnya, negara yang paling vokal adalah pemerintah Malaysia yang langsung memblokir game ini disusul Thailand.

Malaysian Communication and Multymedia Comission (MCMC) memblokir akses ke Steam Store tempat game ini bisa dibeli.

Saleh Said, Menteri komunikasi dan Multimedia Malaysia dalam sebuah pernyataan yang dikutip detik.com mengatakan:

Tindakan (pemblokiran) ini diperlukan untuk melindungi pengguna dan mencegah insiden yang tidak diinginkan. Memastikan solidaritas, harmoni dan kesejahteraan masyarakat multi-ras dan multi-agama di negara ini adalah tujuan utama pemerintah. Pemerintah tidak akan berkompromi dengan tindakan apapun yang dapat membahayakan tujuan ini”


Di Indonesia sendiri game ini sempat ditawarkan dengan harga Rp. 70,000 namun karena sifatnya yang kontroversial segera mengundang kecaman tajam, Majelis Ulama Indonesia (MUI) diwakili oleh Zainut Tuhid Saadi menganggap game Fight of Gods tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang heterogen dan menghormati nilai-nilai agama.

“simbol-simbol agama bukan untuk dipemainkan apalagi dipertarungkan. Hal ini dapat menimbulkan gesekan yang berbau SARA.”  Ucap Zainut

MUI juga menghimbau aparat yang berwenang agar mampu mengawasi semua jenis game yang beredar agar game-game yang dapat memicu polemik dan keresahan sosial dapat segera diantisipasi.

Cuplikan game Figth of Gods di media berbagi video Youtube



MUI mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah memproses pemblokiran game ini.

Menurut Kemenkominfo game bernama Fight of Gods ini sangat tidak pantas dimainkan di Indonesia karena vitur dan permainannya sangat kontroversial.


"Kemarin kami  telah mengirimkan surat untuk segera dilakukan geo blocking untuk wilayah Indonesia. Sesuai aturan kami dalam waktu 2x24 jam mereka harus melaksanakan. Jika tidak, kami akan memblok distributor channel," kata Dirjen Aplikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan dikutip dai VIVA.co.id

Tidak ada komentar:

Post Top Ad